Articles

Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) menurut Dr Valerie Curtis

Perspektif Online
12 October 2012

Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) menurut Dr Valerie Curtis

Clara Olivia 


photo by: Rumiatun

 

Komitmen Lifebuoy dalam menyelamatkan jiwa terbukti dengan terselenggaranya sosialisasi cuci tangan pakai sabun dengan diskusi media pada tanggal 11 Oktober 2012. Pada diskusi tersebut media kembali diberikan pemahaman bahwa dengan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) terbukti efektif menyelamatkan lebih banyak jiwa daripada sebuah vaksin atau pertolongan medis. Seperti yang dikatakan para pembicara pada acara tersebut yaitu Dr Valerie Curtis, BSc., MSc., PhD (The Hygiene Center London School of Hygiene & Tropical Medicine), H. Tb. Rachmat Sentika, DR., dr., Sp.A., MARS (Ketua Umum  Forum Komunikasi Pembinaan dan Pengembangan Anak Indonesia (FK-PPAI) dan Ahli Kesehatan Lifebuoy Berita Sehat), Amalia Sarah Santi (Senior Brand Manager Lifebuoy PT. Unilever Indonesia Tbk), Maria Dewantini (Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk), dan Wimar Witoelar (moderator), bahwa hingga saat ini penyakit infeksi menular seperti diare, ISPA, SARS dan yang terbaru coronavirus masih menjadi masalah kesehatan masyarakat dunia dan telah merenggut jutaan jiwa anak setiap tahunnya.

 

Yang menjadi perhatian oleh Dr Valerie Curtis, BSc., MSc., PhD, yaitu angka kematian balita di dunia yang tinggi yaitu 603.000 jiwa, sehingga Valerie berpendapat bahwa dengan menggunakan sabun sebagai senjata yang ampuh dalam melawan penyakit tersebut pada 5 saat penting, dapat menyelamatkan 17.000 jiwa per tahunnya di Indonesia, dan keterbatasan pada fasilitas seperti toilet juga masih rendah di Indonesia, oleh sebab itu faeces (kotoran) yang menjadi sarang bakteri tidak terbuang secara layak.

 

Efektivitas cuci tangan pakai sabun juga dibuktikan oleh dr. Rahmat Sentika sebab menurut studi yang dilakukan selama wabah severe acute respiratory syndrome (SARS) pada 2006 menunjukkan bahwa CTPS lebih dari 10 kali sehari dapat memutus penyebaran virus ISPA sebesar 55%.

 

Cuci tangan pakai sabun merupakan vaksin yang bisa dilakukan sendiri untuk mencegah penyakit tersebut, sehingga tidak perlu membuang biaya mahal untuk vaksinasi di rumah sakit dan jutaan anak dan balita dapat diselamatkan. Gerakan CTPS ini juga termasuk dalam program MDG’s 2015

 

Komitmen Lifebuoy tersebut juga dalam bentuk donasi pada fasilitas cuci tangan untuk sekolah-sekolah yang belum memenuhi standar sekolah sehat, dan dalam rangka perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) 2012, Lifebuoy akan menggerakkan 747.000 siswa dari 2.147 sekolah dasar di 10 provinsi dan TP PKK di 33 provinsi untuk merayakan HCTPS dan kembali berikrar untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dalam 5 saat penting.

 

 

 

 

Print article only

0 Comments:

Add Your Comment

Comments with fake names or email may be rejected.

Real Name:

Real Email: (will not be shown)

Message: (stay on topic)

Sorry, No HTML

Important! Please type Security Image here:

« Home