Articles

  • Sembilan kementrian mendeklarasikan komitmen pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat dengan skema REDD+.

    Read ›
  • tadinya hutan, dirubah menjadi kebun, kemudian jadi gedung. Hutan pohon berubah menjadi Hutan Beton’

    Diakui bahwa banyak orang lebih menyukai adanya gedung megah, pusat perbelanjaan modern, kantor-kantor besar, atau apartement dibandingkan hutan. Tetapi perlu ditanamkan dalam pikiran bahwa planet Bumi kita ini lebih sayang terhadap hutan.

    Read ›
  • Kebakaran hutan dan kekeringan terjadi kembali sejak pemerintah memberikan izin konsesi kepada perusahaan atau pengusaha untuk mengelola tanaman sagu. Dan kesalahan terbesar yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengelola tanaman sagu ialah merubah tanah gambut menjadi kanal. Hal itu kemudian menjadi penyebab utama dari berkurangnya jumlah air di tanah gambut sehingga rentan terhadap kebakaran.

    Read ›
  • Pasangan Jokowi-JK dinilai sebagai pasangan yang mengusung program-program yang membela hak-hak masyarakat adat. Jokowi-JK berjanji untuk membentuk komisi independen dan permanen untuk menjalankan keputusan MK 35.

    Read ›
  • Jokowi berceritera: "17 Agustusan kemarin, maunya lomba krupuk.  Tapi tidak diizinkan security. Mau panjat pinang, takut ngga bisa.  Jadinya ikut main karung. Lompat-lompat hampir jatuh, akhirnya kalah. Dari 10 peserta, saya nomor 10. Tapi nggak apa2, masyarakat gembira, saya gembira. Tidak perlu protes Panitia.”

    Read ›
  • Dampak dari El Nino yang mulai terjadi sejak Januari lalu mengakibatkan naiknya suhu rata-rata di Sumsel. Akibatnya terjadi pergeseran waktu panen tanaman pangan.

    Read ›
  • Sekumpulan orang-orang dari berbagai macam kalangan yang independen alias tidak berpartai namun mereka memberikan dukungannya untuk salah satu kandidat calon presiden yaitu Jokowi. Dari Mei 2014, bersamaan dengan hari kebangkitan Nasional, mendeklarasikan dan berkomitmen, mendukung Jokowi, menjadi pemimpin Indonesia.

    Read ›
  • Para pekerja kreatif yang selalu dianggap kurang melek politik, hari selasa kemarin menjadi pembuktian lain bahwa mereka juga menampilkan diri di depan umum dan memamerkan karya-karya kreatifnya dalam bentuk dukungan dan kampanye. Mereka mendeklarasikan diri sebagai Generasi Optimis Indonesia dengan melakukan Kampanye Kreatif untuk Jokowi-JK.

    Read ›
  • Banyak aktivis sadar, percuma berbuat baik dalam wadah LSM kalau lingkungan politik nasional tetap tidak sehat. Mengapa kekuatan LSM itu tidak juga dipakai untuk menyehatkan lingkungan politik? Dengan demikian akan terbuka masa depan baru bagi Indonesia. LSM seperti AMAN, WALHI, dan ICW sudah mulai mengizinkan atau menganjurkan anggotanya untuk tampil sebagai calon legislatif di beberapa daerah, dan kelihatannya ada hasilnya.

    Read ›
  • Wimar Witoelar mengatakan pemilu adalah sarana bagi masyarakat untuk ikut menentukan arah negara selama lima tahun mendatang melalui hak suara yang dimilikinya. Melalui penggunaan hak suara di pemilihan presiden (Pilpres) 2014, generasi muda harus sudah memiliki kesadaran untuk memperhatikan jejak rekam para calon presiden di bidang kerusakan termasuk tindak korupsi.

    Read ›
  • Kita sudah hidup dengan krisis lingkungan yang lama dan masyarakat harus dibantu menyimaknya oleh media, oleh televisi, koran, dengan program sosialisasi. Tapi pada tingkat pimpinan, mereka sering abai terhadap masalah lingkungan. Bukan karena tidak tahu, tapi karena ingin meraup keuntungan secepat-cepatnya dari hutan dengan mengorbankan kelestarian lingkungan itu sendiri.

    Read ›
  • Jelas kerusakan hutan itu diakibatkan oleh kelalaian pemerintah. Kerusakan terjadi oleh tangan manusia yang dikontrol oleh politik, dan dikomando oleh panglima politik (baca: Presiden). Kalau saja Presiden itu punya komitmen ingin menyelesaikan kerusakan hutan, pasti ini bisa diselesaikan dengan cepat. Jadi keputusan mengenai pengelolaan hutan itu merupakan keputusan politik. Tidak bisa permasalahan hutan diselesaikan tanpa politik, karena masalah muncul dari politik juga. Untungnya kita ada pilpres, jadi dukung saja presiden yang pro lingkungan. Jangan dukung presiden yang pro kekerasan dan hidup dari korupsi. Jauhi korupsi dan kekerasan.

    Read ›
  • Dokumenter series Years of Living Dangerously akan tayang perdana pada hari Minggu, 13 April 2014

    Read ›
  • Perubahan iklim berdampak serius pada kesejahteraan manusia dan perekonomian dunia, dan dunia pada dasarnya belum siap untuk mengatasi dampaknya yang sudah terjadi saat ini dan akan berlanjut di masa depan. Michael Mann, peneliti iklim di Pennsylvania State University berpendapat bahwa ada informasi secara lengkap yang memperjelas semakin nyatanya perubahan iklim.

    Read ›
  • Surabaya, 19 Maret 2014 - Wawancara Wimar Witoelar di Radio Suara Surabaya bertemakan pilih caleg dan capres pro lingkungan untuk menghindari bencana pemanasan global

    Read ›
  • Selama ini penegakan hukum terhadap perusak-perusak hutan di Indonesia masih lemah. Berbagai lembaga, seperti organisasi peneliti dan advokat hak asasi manusia internasional yang berbasis di New York Human Rights Watch (HRW), organisasi anti korupsi Indonesian Corrupton Watch (ICW), dan lembaga resmi negara dalam pemberantasan korupsi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mencapai kesimpulan yang senada dalam kajian-kajian mereka, yaitu masih lemahnya penegakan hukum sektor kehutanan di Indonesia.

    Read ›
  • Join this intimate talkshow with two renowned Indonesian writers who will discuss their latest work.

    Wimar Witoelar - Sweet Nothings and Fira Basuki - Heal Yeah! ++

    Read ›
  • “Kerusakan hutan dan lingkungan di Indonesia, sebagian besar dipengaruhi tidak hanya karena faktor alam, tapi juga karena kebijakan politik yang tidak pro lingkungan,” jelas Wimar di Surabaya.

    Read ›
  • Upaya melindungi hutan dan hak masyarakat adat bukan tidak dilakukan, namun selama 1 dekade atau sepuluh tahun terkahir upaya itu belum membuahkan hasil, selain tetap adanya ancaman dan tekanan terhadap masyarakat hutan adat. Seharusnya tanah atau hutan adat masyarakat merupakan sumber kehidupan, mata pencaharian dan identitas masyarakat adat itu sendiri.

    Read ›
  • Menurut Wimar, pemilu merupakan sarana bagi masyarakat untuk ikut menentukan arah negara selama lima tahun mendatang melalui hak suara yang dimilikinya.  Pada Pemilu Legislatif dan Presiden nanti, masyarakat harus memilih calon presiden (Capres) dan calon legislatif (Caleg) berdasarkan isu strategis, bukan lagi pada sosok atau figur sang calon.

    Read ›

« Home | ‹ Previous | Next ›