Articles

Lima Pasangan Cagub & Cawagub Jateng Diinterogasi Wimar, Saksikan Live!

Perspektif Online
31 May 2008

Khusus untuk penonton di Jawa Tengah, saksikan lima calon gubernur dan calon wakil gubernur anda di televisi malam ini. Wimar akan bertugas sebagai moderator dalam acara Forum WW: Dialog Interaktif Calon Gubernur & Wakil Gubernur Jateng 2008-2013, disiarkan live dari Auditorium RRI Semarang melalui TVRI Jawa Tengah dan RRI Semarang, Solo & Purwokerto, hari Sabtu 31 Mei 2008 jam 19.30-21.00.

Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari KPUD Jateng, warga yang memiliki hak pilih pada Pilgub Jateng sebanyak 25,86 juta pemilih, tersebar di 55.603 TPS. Dana penyelenggaraan Pilgub Rp 553,092 miliar dengan diantaranya Rp 11,85 miliar untuk pengamanan Pilgub. Tugas pengamanan paling utama dikoordinasikan Polda Jateng melibatkan 639 personel ditambah kekuatan personel Satuan Wilayah Jajaran Polda Jateng sebanyak 92.402 orang. Pelaksanaan Pilgub akan diawasi oleh 18 lembaga pemantau Pemilu di Jateng.

Pilkada akan digelar Minggu, 22 Juni 2008.

Siapakah yang terbaik untuk Jawa Tengah?

Profil Kandidat

Bambang-Adnan

Bambang Adnan

Bambang Sadono (Ketua Partai Golkar Jawa Tengah, Anggota DPR RI)
umur 51 tahun, kekayaan Rp 3,72 miliar

Muhammad Adnan (Ketua NU Jawa Tengah).
umur 47 tahun, kekayaan Rp 596,03 juta plus USD 9.230

Diusung Partai Golkar

 

Agus-Kholiq

Agus Kholiq

Mayjen TNI (Purn) Agus Soeyitno (mantan Pangdam IV Diponegoro)
umur 57 tahun, kekayaan Rp. 9,06 miliar

Abdul Kholiq Arif (Bupati Wonosobo)
umur 39 tahun, kekayaan Rp 315,43 juta

Diusung PKB

 

Sukawi-Sudharto

Sukawi Sudharto

Sukawi Sutarip (Wali Kota Semarang)
umur 57 tahun, Rp 56,60 miliar

Sudharto (Anggota DPD, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Jawa Tengah)
umur 46 tahun, kekayaan Rp 859,71 juta

 Diusung Partai Demokrat dan PKS

 

Bibit-Rustriningsih

Bibit Rustriningsih

Mayjen TNI (Purn) Bibit Waluyo (mantan Pangdam IV Diponegoro dan mantan Pangkostrad)
umur 58 tahun, kekayaan Rp 2,59 miliar

Rustriningsih (Bupati Kebumen)
umur 40 tahun, kekayaan Rp 931,92 juta

Diusung PDIP

 

Tamzil-Rozak

Tamzil Rozak

Muhammad Tamzil (Bupati Kudus)
umur 46 tahun, kekayaan Rp 1,39 miliar

Abdul Rozaq Raiz (Ketua PAN Jawa Tengah)
umur 62 tahun, kekayaan Rp 2,29 miliar plus USD 5.600 

Diusung PPP dan PAN

 

Update 1 Juni: Acara berjalan, dengan lima pasangan memberikan keterangan menurut giliran. Sifatnya sangat diplomatis dan politis alias normatif, tapi cukup menunjukkan karakter masing-masing. Bingkai formalitas tidak luntur oleh kemasan acara yang santai. Moderator WW bertanya seadanya dalam rangkaian tanya jawab, selingan musik dari band ConRock (kroncong - rock)  membuka suasana dengan lagu abadi "Stardust".
 
Satu-satunya surprise adalah mutlaknya pandangan negatif para calon Gubernur Jawa Tengah terhadap skema pemerintah BLT (Bantuan Langsung Tunai). Kelima calon berpendapat BLT menyulitkan, dan bahwa dana BLT lebih baik disalurkan pada penggunaan yang lebih bermanfaat. Jawaban ini diberikan atas pertanyaan yang ditulis Febianto di Perspektif Online.

 

Print article only

17 Comments:

  1. From wimar on 31 May 2008 08:56:42 WIB
    kalau anda warga JAWA TENGAH, jangan lewatkan acara demokrasi dalam praktek, LIVE.

    Saya sudah di SEMARANG nih, asyik makanannya enak-enak ...:))
  2. From SUJONO HALIM on 31 May 2008 11:20:54 WIB
    HANYA BIBIT WALUYO YG PUNYA REPUTASI DAN PENGALAMAN SECARA NASIONAL . BUTUH PEMIMPIN DAERAH YG PUNYA WAWASAN KEBANGSAAN SECARA NASIONAL .
  3. From febianto on 31 May 2008 11:42:04 WIB
    titipan pertanyaan:

    1. byk kades di jateng yg menolak BLT, apakah anda setuju dgn sikap para kades tsb? dan perlu diberi sanksi atau tdk?
    2. kab sragen jadi kab percontohan, knp kab wonosobo,kudus, kebumen, kota semarang tdk bisa/belum bisa spt sragen, apa kendalanya? gimana jg dgn pemprov-nya?
    tks.
  4. From Tundjana on 01 June 2008 05:51:59 WIB
    Kalau saya berhak milih (saya penduduk kabupaten Tangerang)
    Calon saya: Rustriningsih
    Sudah terbukti karyanya



    Wakilnya sih boleh siapa saja
  5. From manusiasuper on 01 June 2008 16:02:34 WIB
    Haduh, kalo berbicara pilkada kok saya tiba-tiba kena penyakit males ya..?
  6. From Zulfi on 02 June 2008 06:31:05 WIB
    Hidup Pilkada Jateng !!

    *warga Magelang*
  7. From Isye Trombine on 02 June 2008 14:18:16 WIB
    Bang Wimar gak salah tuh.......salah satu calon gubernur punya asset 56,60 milyar...... bingung aja sih gimana caranya dapat duit segitu banyak gene hare.
  8. From eki on 02 June 2008 20:39:14 WIB
    Waduh, kok bisa ketinggalan acara ini ya. Gara-gara hari Sabtu absen gak buka perspektif.net. Boleh dong minta, kalo ada acara seperti ini gak dadakan dimuat "woro-woro"-nya di pnet. Ada acara ulangannya gak ya? atau transkrip aslinya? Menurut Om W, siapa yang paling pantas jadi gub jateng?
  9. From Ahmad Munawar on 07 June 2008 12:31:56 WIB
    pilih calon gubernur yang amanah, tidak makan duit rakyat, memperhatikan lebih pada kaum lemah, pendidikan, dan kesehatan.warga jateng jangan lupa gunakan hak pilih nanti pada tanggal 22 juni 2008 ojo lali yoo......... pilih salah siji wae ra ento loro/lebih. sekali lagi pilhlah calon gubernur yang dapat membawa jawa tengah menjadi go internasional.
  10. From Eko widi priyadi on 10 June 2008 21:10:14 WIB
    Proses pemilihan cagub dan cawagub jateng periode 2008-2013 merupakan yang pertama kali dilakukan oleh masyarakat jateng terkait dengan pemilihan gubernur dan wakil gubernur jateng. Semoga rakyat jateng bisa memilih dan mengkaji konsep dari visi dan misi yang ditawarkan oleh para cagub dan cawagub pilihan rakyat dan untuk yang terpilih nantinya semoga dapat menjalankan tugasnya tersebut dengan amanah serta mempunyai pandangan luas dan kemauan untuk membawa jateng kearah yang lebih kondusif, dinamis, dan beriman.
  11. From Amran Andromeda, SE.Ak on 14 June 2008 11:23:03 WIB
    Jangan Beli Kucing Dalam Karung! Begitulah pepatah mengatakan.
    Tolok ukur sederhana yang bisa digunakan masyarakat dalam memilih Cagub nanti adalah dengan membaca Riwayat Hidup Cagub serta Visi & Misinya. Itu semua bisa dibaca di kantor2 Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan di instansi2 pemerintah lainnya.
    Bacalah dengan seksama, mana yang paling kompeten, latar-belakang pendidikan yang menyakinkan serta visi & misi yang tepat, lengkap dan paling bisa mengatasi permasalahan2 di masyarakat.
    Setelah anda baca dan me,nimbang2 tentu secara alamiah anda akan cenderung milih yang No.5 (Tamzil-Rozak), dan memang benar, pasangan tersebut-lah yang paling bisa diyakini untuk bisa memajukan Jawa Tengah.
  12. From mantri on 14 June 2008 20:01:44 WIB
    Bung...tolong koment koment blogku donk...heheheh www.sebrangistana.com
  13. From SIGIT RAMANDI on 18 June 2008 11:07:11 WIB
    asalamualaikum
    saya sigit,saya ingin bertanya kepada anda kalian semua.harus memilih calon siapa saya untuk menjadikan jawa tengah yang makmur dan warganya sejahtera.............????
  14. From Adhe on 19 June 2008 13:57:14 WIB
    Para sedulur kabeh terutama warga kebumen, monggo sarng-sareng tumut kulo, milih pasangan cagub-cawagub mas bibit & mbak rus.
    aja salah pilih lan aja kelalen, pilih bibit & mbak rus.
  15. From HENGKY on 19 June 2008 16:07:51 WIB
    demi kesejahteraan bersama
    maka dengan ini saya berharap pemimpin ke
    depan adalah pemimmpin yg maju bukan karana ambisi pribadi,melainkan karena ada amanah dAri jama'ah/golongan yg dibebenkan kepadanya oleh karena itu :
    seorang pemimpin sejati haruslah bersedih dan mawas diri karena takut akan beban amanah yg akan dipikul kelak jika terpilih.
    jangan malah berbangga hati ketika terpilih...karena pada hakekatnya kepemimpinan adalah sebuah amanah dan tanggung jawab yg besar....
  16. From jati on 21 June 2008 11:45:55 WIB
    assalamualaikum wr,wb.
    selamat pagi para pembaca yang budiman... besuk nasip masa depan jawa tengah ada ditangan masyarakat jateng. milih tidak milih pemimpin nantinya akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Tuhan juga. jadi bagi para pembaca yang budiman kalau besuk mau memilih pilihlah satu pasangan yang benar2 konsisten dan visioneris. jangan memilih karena tampannya saja,jangan memilih karena diusung oleh partai apa. tetapi kita harus bisa merubah paradigma memilih pemimpin dengan melihat kepribadiannya(akhkakulkharimah. insyaalloh kepribadian merupkan cerminan dari semua tindakannya dikehidupan sehari2. bagi yang golput,oke golput gkmasalah asalkan tidak ngajak orang lain... trimakasih
    wass....
  17. From mohd jamil bin abadi on 13 August 2009 21:39:37 WIB
    Assalamualaikum......sahabat2 seislam...saya sedang mencari susur galur keturunan saya di kebumen jogja jawa tengah...datuk saya Kardi bin Dipo Samito telah berhijrah ke Johor Malaysia pada tahun sekitar 1920an...Barang sesiapa yg mengetahui tentang sejarah Dipo Samito harap dapat membantu saya....

Add Your Comment

Comments with fake names or email may be rejected.

Real Name:

Real Email: (will not be shown)

Message: (stay on topic)

Sorry, No HTML

Important! Please type Security Image here:

« Home