Articles

Aquaman

Majalah AREA
14 September 2006

Aquaman adalah tokoh komik yang aslinya muncul dalam seri DC Comics. Kaum muda sebelum Generation Y mungkin mengenalnya. Kisahnya, ada jagoan yang dari kerajaan khayal Atlantis, beroperasi di dalam laut. Seperti halnya Superman adalah Clark Kent dan Batman adalah Bruce Wayne, Aquaman adalah Arthur Curry. Aquaman mempunyai kelebihan unik yaitu bernafas dalam laut. Terlebih lagi dia bisa berkomunikasi dengan binatang laut dan bahkan mengendalikan mahluk laut melalui gelombang pikiran. Tentu saja, dia bisa berenang cepat sekali dan lama sekali. Dia tahan tekanan tinggi di kedalaman laut dan sangat betah di laut. Tapi di darat dia biasa saja, orang kantoran seperti anda dan saya.

aquaman.jpg

 

So? Kita juga mungkin punya sedikit sifat-sifat Aquaman, tapi pada umumnya kita orang darat. Malah dulu-dulunya tinggal di pohon. Di darat kita biasa-biasa saja, kerja cari nafkah dan pergaulan, jalan ke mal, liburan ke gunung. Untung-untung berenang ke laut tapi hanya sampai kedalaman satu meter.

Kalau boleh saya berbagi sedikit cerita pribadi, kehidupan saya di darat akhir-akhir ini agak terganggu karena kaki jadi lemah dan susah jalan. Tidak sakit, tapi agak sempoyongan dan kalau didorong bisa jatuh. Terus kalau berdiri lama-lama jadi pegel dan kalau jalan jauh jadi capek. Bagian badan lain oke saja selain kaki, dan kehidupan berjalan terus, malah tambah asyik belakangan ini entah kenapa. Jadi nggak masalah soal kaki, banyak kompensasi.

Penghibur lain adalah bahwa dengan melemahnya kaki, malah berenang jadi tambah kuat. Tidak bisa menjadi juara renang, tapi paling tidak bisa berenang lama dan tenang. Dengan memakai kacamata (goggle) kita bisa melihat dalam air dan menonton orang-orang lewat. Semua mengambang dalam suspensi, termasuk waktu. Dunia seperti tidak berputar dan semjua suara teredam, sangat sunyi.

Paling penting, didalam air orang lemah kaki berfungsi sama seperti orang lain., Orang kurus, orang gemuk sama dalam air. Kita tahu ikan teri dan ikan paus sama-sama bisa berenang, dan mereka tidak perlu kaki. Ya, pokoknya cocok deh dunia air bagi orang yang susah berjalan kaki.

Aquaman pernah muncul dalam film dan mendapat kawan baru seperti Aqualad, tapi dia kalah sukses dibandingkan rekan seprofesi. Superman, Batman jauh lebih hebat (karena mainstream barangkali) dan belakangan ini Spiderman melejit maju sebagai bintang baru yang wujud sehari-harinya betul-betul Orang Biasa. Aquaman malah dicemoohkan bahwa kehebatannya itu terbatas. Apa gunanya jadi superhero kalau mengejar penjahat? Tinggal naik ke darat, langsung lolos kaum kriminal yang dikejar Aquaman.

Tapi kalau tidak mengejar kriminal, kehidupan dalam air cukup bisa dinikmati untuk mengimbangi keterbatasan hidup di darat bagi penderita susah jalan kaki. Bukti bahwa keterbatasan itu hanya berlaku untuk lingkungan tertentu, dan bisa diatasi kalau kita mengubah lingkungan. Orang yang merasa tidak bisa bicara, akan dianggap pembahas lancar kalau dia pindah ke budaya orang diam. Orang yang kurang disukai di Indonesia karena kurang banyak senyum, bisa pindah ke Rusia dimana orang memang tidak boleh senyum kecuali kalau ada urusan khusus dengan orang yang dikenal baik. Rahasia untuk bisa berfungsi dengan baik adalah pengenalan lingkungan.

Ada orang suka diam kalau dimarahin. Dalam lingkungan Barat, dianggap berbahaya sebab dibayangkan bahwa dia menggodok skenario balas dendam sambil membungbkam seribu bahasa. Dalam budaya sini, kalau orang menyahut terus waktu dimarahi, malah dianggap menantang. Di SMA, ada guru yang suka naik pitam kalau ada murid yang menjawab terus waktu ditegur. Akhirnya sang guru berteriak: "Kenapa kamu menjawab terus? Kamu kira saya takut pada kamu?"

"Tidak, Pak." Jawab si murid. "Saya hanya ingin memberikan feedback." Wah si anak betul-betul dianggap kurang ajar, bahkan oleh teman-temannya sendiri. "Ngapain kamu di sini? Mau belajar atau mau main bola? Tuh, di luar ada yang main bola. Ikut sana kalau mau." Terbayang kembali wajah Pak Guru dan seisi kelas, waktu si anak, tanpa ekspresi, pergi keluar dan minta ikut main bola.

Harusnya dia pergi ke kolam renang saja dan menjadi Aquaman, mungkin lebih tenang bagi dia, lepas dari tekanan.

Print article only

3 Comments:

  1. From Marsha on 25 September 2006 19:45:46 WIB
    Hahahaha... the allegorical story reminded me of what I used to do in deviance of my teachers. I talk back not because I don't respect my teachers/seniors, but rather out of an innate desire to learn more about their perspective.

    Ada kasus miscommunication nih antara pak guru dan murid... apa hubungannya ya antara pelajaran dengan main bola?? Jangan-jangan pak gurunya takut kalau dia terlihat lemah, hehehe. Piye toh pak, have some confidence!
  2. From Raynata on 02 October 2006 20:23:14 WIB
    keep the optimism in our heart?

    Sedikit cerita... saya sebenarnya pernah merasa bahwa saya berada di jurusan yang salah... sekarang saya kuliah arsitektur... dan pada awalnya saya merasa ini bukan dunia saya... tapi ternyata dunia ini bisa menjadi dunia saya juga.. dan saya bisa put a lot of effort in it and make it good... sekarang arsitektur mungkin sudah menjadi kolam renang saya (bila saya adalah aquaman :) )... jadi ternyata menyadari bahwa tempat itu adalah tempat kita atau bukan itu ternyata memang tidak pernah mudah yah... hidup ini memang tidak gampang tapi jangan dibuat tambah susah, ya toh? Sekarang saya sadar, tidak ada salahnya mencoba, siapa tahu itu kolam renang saya...

    Terima kasih banyak telah mengajarkan saya untuk bisa menjadi orang yang optimis...terima kasih telah mau membagi filosofinya dengan saya...
  3. From Ebi on 12 July 2012 16:08:52 WIB
    search di YouTube dan coba denger luyanga kang.. nyaman abis di telingan *saya* @DhikaMakasih mas@CaNdLENdak tau kenapa saya lebih mantap baik vokal maupun segalanya dibanding dengan UTADA HIKARU (yang sebagian orang Indonesia malah lebih kenal dulu dengan si UTADA ini) lagu lagu seperti A Song For XX, Love, You sangat menyanyat hati *glodak*Selain itu lagu luyanga berdasar info yang saya dapat ciptaannya sendiri Sebenarnya banyak JPop singer keren keren kok seperti Judy and Mary, Do As Infinity dan masih banyak lagi *kok malah cerita jpop *@daustralalaSemoga didukung kebanjiran ORDER juga

« Home