Articles

  •  Penting bagi Indonesia untuk melihat betapa seriusnya konflik ini serta memperbaiki permasalahan ini dengan segera karena ini bukan menyangkut benda mati melainkan benda hidup yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan menanggapi secara serius kita bisa menyelamatkan teman-teman kita diluar sana yang masih berjuang mebanting tulang demi menafkahi keluarga dan sanak saudara.

    Read ›
  • Dalam konteks sekarang, para pemain politik membutuhkan kekuatan ekonomi sebagai modal dalam menguasai politik. Lingkungan kemudian dikorbankan melalui pengerukan sumber daya alam sebagai jalan pintas para pemain politik mendapatkan kekuatan ekonomi. Dengan sistem semacam itulah maka penguasaan ekonomi yang berbasis sumber daya alam terus berlanjut.

    Read ›
  • Penting bagi Indonesia untuk terus memperbaharui dan meningkatkan sistem edukasi Indonesia dalam menekankan daya saing dan kreatifitas. Perbaikan kualitatif terjadi karena dinamika politik mengundang orang muda mencapai hasil yang lebih baik. Berarti dunia pendidikan harus melakukan pendidikan politik sebagai prioritas utama guna memperkuat civil society yang ternyata sanggup melakukan perubahan.

    Read ›
  • Pemilu pada waktu lalu prosentase 43% penduduk yang  seharusnya punya hak pilih tapi tidak menggunakannya justru lebih banyak dari parai pemenang yang memenangkan 33%.  Partai terbesar adalah  partai Golput.Bila diberikan suaranya kepada orang bersih dengan kualifikasi yang baik, maka orang tersebut akan mendapatkan kekuasaan didesak mewujudkan keinginan yang sesuai dengan keinginan rakyat.

    Read ›
  • Pada Pemilu 2014 masyarakat harus memilih calon presiden (Capres) dan calon legislatif (Caleg) berdasarkan isu strategis bukan lagi pada sosok atau figur sang calon. Satu isu utama yang harus menjadi tolak ukut menentukan presiden dan anggota legislatif dalam Pemilu 2014 adalah pemanasan global yang telah mulai menjadi kenyataan saat ini.

    Read ›
  • Publik masih memiliki waktu sekitar satu tahun untuk mencari dan menemukan pemimpin yang tepat untuk bangsa ini. Hingga saat itu tiba, pergunakanlah hak suara dengan sebaik-baiknya untuk bangsa yang lebih baik.

    Read ›
  •  “Kalau PT Toba Pul Lestari menebang Kayu alam, perasaan kami seperti menebang leherku inilah, karena daun kayu itu adalah rambutku itulah perasaan ku. Kalau hancur Tahah Hutan Kemenyan itu seperti yang menghancurkan dagingku itulah yang kami rasa. Air yang tidak bisa kami pakai krn terkena limbah seperti darah yang dikotori TPL. Gimanalah kalau manusia hidup kalau dia gak punya kepala, gak punya daging, gak punya darah”

    Read ›
  • Masyarakat adat berkepentingan memetakan wilayahnya setelah diakui bahwa hutan adat bukanlah bagian dari hutan negara.

    Read ›
  •  

    Tsunami Aceh telah membuat Antoni kehilangan 20 saudara termasuk ibunda tercinta, Tianur. "Biasanya ketika saya pulang, ibu yang akan menyambut. Tapi sekarang, saya harus kuat. Melihat pembangunan paska tsunami yang pesat, masyarakat Aceh yang kembali kuat, saya harus seperti itu," ujarnya.
     

     

     

    Read ›
  • Perjalanan yang ditempuh adalah 200km/hari, kejuaraan ini diadakan selama 10 hari jadi total keseluruhan perjalanan yang telah ditempuh Shanti adalah 2000km. Suatu saat mobil yang digunakan rusak karena terjatuh di jalan berpasir yang ternyata didalam pasir tersebut terdapat jurang sedalam 40km, “hal ini terjadi di luar kendali, tapi syukurlah hal itu tidak membuat kedua peserta mengalami hal-hal yang buruk karena mobil hanya meluncur sampai ke bawah tidak terbalik atau menabrak”

    Read ›
  • Ben Perkasa Drajat adalah Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri. Menurutnya, konsep diplomasi masih mengenai hubungan satu negara dengan negara lain, namun dewasa ini terdapat beberapa perubahan dalam konsep diplomasi, Jika dahulu kegiatan diplomasi tidak terlalu berdasarkan tuntutan waktu, namun saat ini perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat dan kebutuhan penyebaran informasi yang juga cepat menuntut seorang diplomat harus cepat dalam merespon dan mengelola informasi yang ada

    Read ›
  • Sudah lama orang merasakan bahwa InterMatrix Communications bukanlah perusahaan biasa. Walaupun kecil, dengan orang semuanya berjumlah dibawah 25, tapi daftar nasabahnya mengagumkan. Tapi kalau mau dikatakan perusahaan besar juga tidak betul. Semuanya tidak jelas kecuali satu, yaitu bahwa IMX merupakan gudang pengalaman. Baru-baru ini rekan kita Maro Alnesputra keluar dari IMX untuk memulai karir di lembaga internasional dengan gaji beberapa kali kelipatan gaji IMX. Sedihkan pimpinan IMX? Tidak, malah saling menyalami. Congratulations! Kita menghasilkan satu lagi alumnus sukses.

    Read ›
  • Buku kisah cinta Fira dan Hafez didedikasikan kepada Hafez dan juga untuk beberapa orang yang berharga baginya. Melalui buku ini, Fira Basuki ingin mencoba mewujudkan salah satu mimpi Hafez semasa hidupnya untuk menjadi terkenal sebagai sosok dibalik layar. “Hafez 11 tahun lebih muda. Banyak impian yang belum tercapai. Di sisa hidup saya, saya ingin mewujudkan mimpi Hafez, salah satunya membuat film. Hafez pernah berkeinginan menjadi terkenal tetapi bukan dia yang terkenal,” jelasnya.

     

    Read ›
  • Yunus Husein memberikan perspektif-nya terhadap pelaku transaksi “kalau bersih kenapa risih, kalau sah kenapa resah,” ujarnya. Menurutnya, seseorang kerap merasa takut berhubungan dengan penegak hukum karena merasa takut hidupnya akan terganggu. Padahal jika nasabah memberikan data yang lengkap dan tidak mencurigakan, maka semua akan berjalan lancar.

    Read ›
  • Menurut Keputusan MK No 35/PUU/X/2012 yang diumumkan beberapa waktu lalu, hutan adat yang sebelumnya dijadikan bagian dari kawasan hutan negara mendapatkan pengakuan. Kini puluhan juta hektare hutan adat dapat dikelola oleh masyarakat adat yang menempatinya. Untuk mencegah terjadinya konflik, AMAN memberikan saran agar Presiden menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) pengaturan peralihan sebagai jalan keluar hutan masyarakat adat yang telah digunakan menjadi peruntukan lain. 

    Read ›
  • Masyarakat Indonesia, terutama generasi muda seperti mahasiswa, harus mau menggunakan hak pilihnya dan memilih calon yang mengusung isu strategis pro lingkungan dan perubahan iklim pada Pemilu 2014,

    Read ›
  • Dulu orang yang skeptis pada politik memilih Golput. Tapi sekarang banyak orang yang tidak mau menyerahkan negara kepada orang2 yang jelas tidak bisa dipercaya. Pimpinan civil society dan LSM punya banyak perhatian dan upaya pada issue2 strategis yang menentukan kehidupan masa depan. Menjulang diantaranya adalah urgensi menyelamatkan hutan, lahan gambut dan aset tanah milik masyarakat adat. Jika pilihan dalam Pemilu 2014 dapat dikaitkan dengan kepentingan strategis ini, maka kita bisa menyelamatkan aset alam Indonesia sekaligus menyelamatkan sistem politik kita.

    Read ›
  • Kepala Unit Kerja Kepresidenan Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto menunjukkan data berupa peta, yang di dalamnya terlihat ada ada 112 titik api di wilayah APP dan 78 titik api di wilayah APRIL. “Secara sistematik, saya bisa melihat ini adalah ulah perusahaan-perusahaan ini, dan saya minta tidak menyalahkan rakyat kecil,” ujarnya.

    Read ›
  • Perjalanan Wimar ke Washington DC seperti pulang kampung setelah 11 tahun tidak pernah kembai. Tidak ada yang berubah di Washington selama 11 tahun ini, sedangkan di Indonesia banyak sekali yang telah berubah. Dihadapan diaspora Indonesia di Washington DC,  Wimar berbagi perspektif mengenai perkembangan Indonesia selama 10 tahun ini, bagaimana Indonesia menjalankan perjalanan demokrasi serta pandangan ke arah Pemilu 2014.

    Read ›
  • The streets were quiet and I asked the taxi driver why. He said in a neutral voice that Sukarno had just passed away. I was silent with mixed emotions. For four years our student movement had been urging Suharto to take charge of the country. Now Sukarno’s death made the process irrevocable. There was a feeling of passage, and in fact an anticlimax. Sukarno’s death was a low-key event; nobody talked about it, because Sukarno had disappeared ever since Suharto took over power in 1966.

    Read ›

« Home | ‹ Previous | Next ›